Selasa, 03 Mei 2011

Mencegah Stroke Berulang

Banyak pasien beranggapan sembuh setelah menjalani perawatan di rumah sakit dan di rumah. Mereka mengira tidak bakal terkena stroke lagi. Sebab, berbagai terapi sudah dilakoni. Misalnya, bila ada perdarahan di otak, sudah dikerjakan operasi evakuasi perdarahan; atau dilakukan clipping aneurysm jika ada aneurisma yang pecah.
Lalu, diberi terapi obat-obatan pengencer darah bila terjadi stroke nonhemoragik. Kemudian andai kata terkena kelumpuhan, pasien bisa sembuh setelah menjalani fisioterapi atau rehabilitasi medis. Mereka berpikiran bisa berbuat apa saja, mulai dari mengonsumsi makanan hingga ke pola hidup.
Kecenderungan pasien seperti itu tidak hanya terjadi di Indonesia. Di dunia juga demikian. Hal tersebut didukung oleh studi Profesor Alexandre Croquelois dan Julien Bogousslaysky. Kedua peneliti pada Centre Hospitalier Universitaitre Vaudois, Lausanne, Swiss, menyurvei 286 pasien stroke yang bertahan hidup. Mereka ditanya riwayat penyakit, gejala yang dialami, dan kebiasaan. Baca Selengkapnya
Posted in Kesehatan | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

Teh Hijau Sebagai Antikanker

Khasiat teh hijau sebagai antikanker sudah dikenal luas. Namun, bagi perempuan yang sedang hamil, mengonsumsi teh hijau secara berlebihan dapat mengakibatkan rusaknya saraf janin. Oleh karena itu, mengonsumsi teh hijau bagi perempuan hamil harus diimbangi dengan pemberian suplemen asam folat.
Kanker termasuk penyakit yang sangat ditakuti saat ini. Kemajuan di bidang ilmu makanan yang memproduksi bermacam-macam bahan tambahan pangan sintetis dapat menjadi salah satu pemicu kanker. Kebiasaan merokok dan menggunakan kosmetika juga sering dituding sebagai biang keladi penyebab penyakit kanker.
Sifat karsinogen yang dipicu oleh bahan-bahan kimia telah mendapat perhatian serius di seluruh dunia. Kemajuan di bidang industri justru menimbulkan kekhawatiran terhadap dampak polusi serta dampak produk-produk industri yang memiliki sifat karsinogenik. Telah dilaporkan bahwa setiap tahun di seluruh dunia terjadi peningkatan kasus kanker sebesar 3-5%. Baca Selengkapnya
Posted in Kesehatan | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

Merokok adalah Pintu Masuk Narkoba

Mengapa orang harus merokok? Ada yang bilang merokok itu supaya kelihatan keren, gaul, gaya, dan modern. Ada juga yang mengatakan, merokok akan membuat kita lebih kreatif, lebih gampang menerima pelajaran, dan dapat membuat kita tahan belajar berjam-jam! Wow, menarik bukan? Tapi, itu semua bohong besar!
Beranilah berkata “TIDAK!” sebelum kamu tergoda untuk mencoba merokok, tak peduli siapa pun yang menawarimu untuk merokok. Mengapa Rokok Harus Ditolak? karena Rokok mengandung racun-rarun yang dapat merusak semua fungsi organ tubuh.
Mula-mula rokok akan mengganggu saluran pernapasan, yaitu hidung, tenggorokan dan paru-paru. Hidung menjadi terasa mampet’ saat asap rokok terhirup olehmu. Tenggorokan akan terasa ‘gatal’ dan kamu mudah batuk-batuk.
Gangguan ini kemudian berlanjut ke paru-parumu, ingat fungsi paru-paru adalah untuk menyaring udara yang masuk supaya menjadi oksigen yang bersih, yang dibutuhkan oleh aliran darah untuk membantu metabolisms tubuh.
Metabolisms tubuh berguna untuk perkembangan organ tubuh lainnya dan pertumbuhan tubuh. Oleh karena itu, jika paru-paru mengalami hambatan dalam menyaring udara maka oksigen jugs tidak dapat masuk dengan baik ke aliran darah. Akibatnya, perkembangan organ tubuh (misalnya otak) akan terganggu, demikian juga pertumbuhan tulang tidak akan maksimal. Baca Selengkapnya
Posted in Kesehatan | Tagged , , , , , , | 1 Comment

Penunjang Menghentikan Kebiasaan Merokok

Apakah merokok adalah suatu kebiasaan atau ketergantungan? Orang yang selalu merokok dalam bahasa ilmiahnya dikarenakan suatu habituation (kebiasaan), yakni bisa terus merokok karena terbiasa. Dengan demikian merokok adalah suatu kebiasaan (habituation) dan bukan satu ketergantungan (addiction). Ada perbedaan yang sangat mendasar antara kebiasaan (habituation) dan ketergantungan (addiction).
Kebiasaan adalah membiasakan diri melakukan sesuatu karena ada bahan, bila ia menghentikan kebiasaannya, maka akan muncul gejala-gejala psikis dari dalam dirinya. Sedangkan ketergantungan sebagaimana ketergantungan heroin ataupun kokain adalah ketergantungan fisik dan psikis, yakni fisik pun menjadi terbiasa untuk mengkonsumsi suatu bahan yang ada.
Dengan demikian, dengan ketiadaan bahan tersebut, selain menimbulkan gejala-gejala psikis, juga membuat fisiknya menjadi lemah untuk melaksanakan kegiatan dan aktivitas rutin. Kesimpulan yang bisa ditarik dari paparan di atas, adalah bahwa melepaskan diri dari merokok bukanlah hal yang sangat sulit sebagaimana dipersepsikan oleh banyak perokok.
Ketiadaan rokok hanya akan menimbulkan gejala psikis yang bersifat sementara. Hal ini tentunya berbeda dengan melepaskan diri dari suatu ketergantungan. Dibutuhkan terapi khusus dalam waktu yang cukup lama, karena gejala yang ditimbulkannya mencakup gejala fisik dan psikis sekaligus. Bahkan terkadang suatu terapi pun belum tentu mampu melepaskan seseorang dari suatu ketergantungan. Baca Selengkapnya
Posted in Tips | Tagged , , , , , , , , , | Leave a comment

Tanaman Artemisia Penakluk Penyakit Malaria

Penyakit malaria yang disebabkan oleh Plasmodium spp, ditularkan oleh nyamuk Anopheles spp, merupakan penyakit yang sangat ganas di Indonesia dan negara lainnya, khususnya di Asia dan Afrika. Peningkatan kasus serangannya meningkat dari waktu ke waktu karena sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya. Di Indonesia, jumlah kasus yang terjadi pada tahun 1967 sebanyak 16.000 kasus malaria per juta penduduk menjadi 31.000 kasus malaria per juta penduduk pada tahun 2001.
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi resistensi (kekebalan) pada Plasmodium (penyebab penyakit malaria) terhadap beberapa obat, di antaranya terhadap quinine yang berasal dari tanaman kina yang telah digunakan lebih dari 20 tahun di Indonesia. Artemisia annua L, dengan kandungan utamanya artemisinin, merupakan tanaman subtropis yang berasal dari daerah China dan tersebar ke Vietnam dan Malaysia. Artemisia merupakan salah satu alternatif obat malaria yang telah digunakan di berbagai negara di dunia, terutama di Afrika dan Asia.
Hasil penelitian tahun 1972 di China telah menemukan bahwa Artemisia mengandung bahan aktif utama, yaitu artemisinin; dan bahan lainnya di antaranya artesunate dan artemether yang sangat efektif terhadap Plasmodium falciparum, yaitu penyebab penyakit malaria. Rasanya yang pahit sebagai akibat dari kandungan absinthin dan anabsinthin. Di alam hasil artemisinin bervariasi antara 0,1-1,8 persen. Di Vietnam kadar artemisinin dapat mencapai 0,5-0,9 persen. Baca Selengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar